Selasa, 28 Juni 2022

LATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA PMR SMANSATASE 2022

 HAIII SOBAT REMUD

Ketemu lagi nih kita, di blog keduaa, yeayyyyy🙌 daripada ngeliatin dia bersama yang lain, lebih baik liatin blog PMR SMANSATASE yee kann HAHAHA

Di blog kedua ini mungkin akan lebih banyak dokumentasi ygy (ya ges ya)😋

 Okeee......pada malam hari ini, mimin akan menceritakan kegiatan PMR SMANSATASE yang berjudul "Latihan Pertolongan Pertama"⛑️

Tanggal 21 s/d 23 Juni 2022, PMR SMANSATASE mengadakan kegiatan Latihan Pertolongan Pertama yang dimana kegiatan ini merupakan latihan yang wajib diikuti oleh setiap anggota PMR, karena latihan ini merupakan dasar bagi setiap anggota PMR dalam memberikan pertolongan kepada orang sakit. Latihan ini dilaksanakan selama 3 hari, dan dilaksanakan di ruang kelas SMAN 1 TANJUNG SELOR, tepatnya di kelas XII MIPA 1 & 2 (lantai 3).

Untuk Juknis Latihan PP, kalian bisa lihat disini👇

https://docs.google.com/document/d/1ZyTZsOmjlPNcIcAvQ90QhNg20Ndbhpt9/edit?usp=sharing&ouid=115792411919109033738&rtpof=true&sd=true\

DAY 1

Kegiatan pada hari pertama ini adalah:

Registrasi peserta, Pengarahan dan Free Test, Pengantar Palang Merah (PM), Ice Breaking, Pengantar PP, Materi Anatomi dan Faal, Materi Penilaian Penderita, Ishoma, dilanjutkan lagi dengan Materi Penilaian Penderita, Materi Cedera Jaringan Lunak, dan yang terakhir yaitu Pulang. 

Berikut beberapa dokumentasi LPP DAY 1👇









DAY 2

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan pada LPP DAY 2 adalah  sebagai berikut:

Post Test, Materi Cedera Jaringan Lunak,  Materi Luka Bakar, Ice Breaking, Materi Cidera Sistem Otot Rangka, Ishoma, Materi Kedaruratan Medis, Materi Keracunan, Materi Pemindahan Korban, dan setelah itu pulang.

Berikut beberapa dokumentasi LPP DAY 2👇
















DAY 3

Nahh sampailah kita di hari kegiatan LPP......HOREEEE🥳

Nah di DAY 3 ini diadakan Post Test mengenai semua materi maupun praktek yang sudah diberikan dihari-hari sebelumnya, adapula Simulasi Individu, Final Test, dan yang terakhir yaitu Evaluasi sekaligus Penutupan Kegiatan LPP.

Berikut adalah beberapa dokumentasi LPP DAY 3👇👇👇













WAHHH GIMANAA???🤩

Seruu kan yaaaa kelihatannyaaaaaa!🤩🙌

Selain seru, kegiatan ini juga bertujuan memberikan edukasi atau pelatihan kepada seluruh anggota PMR mengenai Pertolongan Pertama, sehingga nantinya anggota PMR dapat menangani korban atau penderita dengan baik dan benar🤗


Ohh iyaaa, ada yang lebih seru nih......😋

Kegiatan LPP ini ada dokumentasi dalam bentuk videonya loh! Kalian bisa lihat di YouTube PMR SMANSATASE

https://youtu.be/DrcLAK-sagA

Dan untuk melihat info lebih update mengenai PMR SMANSATASE, kalian bisa follow sosmed-sosmed kitaa yaaaaa (wajib follow!). Sosmed akan dicantumkan di bagian paling bawah blog ini👇👇👇

 Yahh blog hari ini sepertinya harus berakhir disini, tapi gapapa....masih banyak blog-blog dari PMR SMANSATASE kedepannya. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu pantengin yaaaaa👀 Terimakasih telah membaca blog ini💓💓💓

Instagram : @pmrsmansatase
Facebook : Pmr Smansatase
Twitter : pmrsmansatase
YouTube : PMR SMANSATASE

DONOR DARAH SUKARELA PMR SMANSATASE 2022

 Holaa haii sobat REMUD

Ketemu lagi nih bersama cerita PMR SMANSATASE 🤩 Hari ini, tepatnya malam ini, mimin bakal kasih 2 blog untuk sobat-sobat remud yeayy🤩🙌 (harus dibaca loh ya, awas aja gak dibaca!!!!)


Nah untuk blog pertama ini kita bakal membahas tentang.......

Apa itu ..... ?🤔

Cluenya, kegiatan ini berhubungan dengan darah....wah sepertinya sangat mudah tertebak yaa hahahaha😅 yapsss tepat sekali, blog kali ini akan membahas atau menceritakan mengenai Kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan oleh PMR SMANSATASE.

Sebelum itu, seperti biasa, suatu kegiatan berlangsung pastinya ada proses awalnya dulu nih. Jadi sebelum terselenggaranya kegiatan ini, ada beberapa proses, seperti:

1. Mendiskusikan kegiatan Donor Darah Sukarela ini bersama dengan pembina PMR SMANSATASE.

2. Selanjutnya, meminta perizinan dari beberapa pihak terkait.

3. Apabila semua sudah disetujui, selanjutnya adalah menginfokan kepada seluruh masyarakat, terutama warga sekolah SMAN 1 TANJUNG SELOR untuk menawarkan donoh darah sukarela ini.

Info diberikan melalui poster berikut

1. Poster Persyaratan Donor Darah



2. Poster Ajakan Untuk Donor Darah Sukarela


Kamis, 16 Juni 2022, pukul 08.00 WITA

PMR SMANSATASE menyelenggarakan kegiatan Donor Darah Sukarela. Dimana kegiatan donor darah ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia🩸 Donor darah sukarela ini dilaksanakan di UKS SMA NEGERI 1 TANJUNG SELOR, serta dibantu oleh kakak-kakak atau abang-abang dari PMI TANJUNG SELOR.

Kalian tau gak gais? ternyata banyak loh yang bersedia mendonorkan darahnya pada kegiatan iniii. Wahhhh baik sekali🤗 Eitsss tenang, para pendonor tidak hanya mendapat rasa sakit kok. Setelah mendonorkan darahnya, pendonor akan mendapat konsumsi. Wahhh enak sekaliiiii🤩

Lanjut masuk ke sesi selanjutnya, yaitu kumpulan beberapa dokumentasi kegiatan donor darah sukarela 












Nah itu dia beberapa dokumentasi kegiatan Donor Darah Sukarela PMR SMANSATASE 2022. Kira-kira kalian tau gak sih, kenapa kegiatan ini diselenggarakan???🤔

Selain untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia, kegiatan ini juga diselenggarakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah loh. Donor darah juga memiliki banyak manfaat loh sobat remud, salah satu contoh manfaatnya adalah untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Wihhh udah dapat pahala membantu orang, eh tambah sehat lagi tubuhnya😁🤩 


Kira-kira segitu dulu deh blog kali ini......

Eitss, jangan kabur dulu! masih ada blog kedua kita malam ini.....

Ehh iyaa, bagi kalian yang mau lihat-lihat dokumentasi kegiatan PMR SMANSATASE maupun info ter-update mengenai PMR SMANSATASE, kalian bisa follow nih sosial media kita  (wajib follow!)

Instagram : @pmrsmansatase
Facebook : Pmr Smansatase
Twitter : pmrsmansatase
YouTube : PMR SMANSATASE

Okee sobat remud, jangan lupa terus pantengin update-an PMR SMANSATASE yaaaa👀

Apalagi blog-nyaa, wajib! Terimakasihhhh💓💓💓

Senin, 20 Juni 2022

Latihan Baris-Berbaris PMR SMANSATASE 2022

 Holaa haiii sobat ReMud🤩🙌

Wahh udah lama yaaa blog PMR SMANSATASE tidak update......kalian pastii pada kangen kann, hayooo ngakuuu🤭.....Untuk mengobati rasa rindu yang sudah lama terpendam (eaaa), mimin bakal ngasih kalian cerita terbaru mengenai kegiatan yang baru-baru ini diselenggarakan oleh PMR SMANSATASE🤩

    Pada tanggal 10 Juni 2022, PMR SMANSATASE mengadakan Latihan Baris-Berbaris di Kodim 0903 Tanjung Selor. Latihan baris-berbaris diikuti oleh seluruh anggota PMR SMANSATASE, yang diadakan pukul 13.00-16.00 WITA.

    Sebelum berlangsungnya kegiatan, pasti ada prosesnya duluu dong....nah proses yang dilalui sebelum kegiatan ini berlangsung adalah :

1. Mendiskusikan dengan pembina PMR SMANSATASE mengenai kegiatan yang akan diselenggarakan.

2. Membuat perizinan dan meminta persetujuan dari beberapa pihak.

Nahh begitu lah ringkasan proses-proses awalnyaa.....mari lanjut ke ceritaaaaa👐

    Sebelum ke lokasi utama, yaitu di Kodim 0903 Tanjung Selor, seluruh anggota PMR SMANSATASE berkumpul di lapangan SMAN 1 Tanjung Selor. Setelah semua anggota terkumpul, kami bersama-sama berjalan untuk menuju ke tempat tujuan. Yaa jalan kaki aja sih, soalnyaa gak jauh xixixi

    Setelah sampai di Kodim 0903, kami diarahkan untuk masuk ke aula. Lalu, di aula seluruh anggota PMR SMANSATASE diberikan ringkasan materi mengenai PBB. 


Sehabis memberikan ringkasan materi, kakak-kakak dari kodim mengarahkan kami untuk ke lapangan yang berada di luar, untuk melakukan praktek baris-berbaris. Seluruh anggota dibagi menjadi 2 kelompok. Materi yang sebelumnya dijelaskan, diterapkan langsung di lapangan. Mulai dari sikap sempurna, istirahat ditempat, hormat, dan jalan ditempat. Wahh ternyataa tidak semudah yang dibayangkan kawan-kawan. Gerakannya itu loh, harus cepat dan cekatan. Kalau gak kompak, yaaa harus ulang. Huftt capee bingitt, tapii seruuuuuu.

Nih mimin kasih deh foto-foto kegiatan baris-berbaris ini




Nahh di atas itu adalah beberapa dokumentasi kegiatan Latihan Baris Berbaris PMR SMANSATASE 2022. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan anggota PMR SMANSATASE mengenai baris-berbaris. Selain itu, latihan baris-berbaris ini bertujuan untuk melatih jiwa korsa, melatih mental dan fisik, juga melatih kedisiplinan.

Wahh ternyata penting banget yaa latihan baris-berbaris inii😱

Sepertinya blog kali ini harus berakhir sampai disini.....👋❤️
Sampaii jumpaa diblog PMR SMANSATASE selanjutnyaaa🙌

Oh iyaa untuk lebih tau berita ter-update mengenai PMR SMANSATASE, kalian bisa follow semua akun sosial media PMR SMANSATASE yaaaa.....🤗❤️

Instagram : @pmrsmansatase
Facebook : Pmr Smansatase
Twitter : pmrsmansatase
YouTube : PMR SMANSATASE








Selasa, 03 Mei 2022

BHAKTI RAMADHAN II & BUKA BERSAMA PMR SMANSATASE 2022

Assalamu'alaikum dan Holaaa Sobat Remud🙌👋

Gimana nih kabar kalian semua? semogaa selalu sehat dan baik yaaaa
Ohh iyaa gimana nih puasanya kemarin? full gak? atau banyak bolongnyaaa😱.....harusnyaa full sih yaa, kecuali yang cewe, kalau yang cewe ada bolongnyaa mah harus dimaklumi ya ges ya😋

Mimin dan segenap keluarga PMR SMANSATSE mengucapkan 
Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin😇🙏
Btw dapat THR berapa nih?🤩 HAHAHA.....Lebaran auto naik timbangan sih iniii, mimin yakin 100000%😸

Kembali ke topik pembahasan.....
Sesuai judulnya, blog kali ini akan menceritakan kegiatan PMR SMANSATASE selama bulan Ramadhan. PMR SMANSATASE mengadakan kegiatan Bhakti Ramadhan dan dilanjutkan dengan kegiatan Buka Bersama.

Kita mulai dari Bhakti Ramadhan dulu yaaaa.....
Bhakti Ramdhan adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh PMR SMANSATASE pada bulan ramadhan, tepatnya pada tanggal 18 April 2022. Target Bhakti Ramadhan ini adalah membagikan atau menyalurkan air mineral ke masjid, mushola, dan pesantren di sekitaran wilayah Tanjung Selor. 

Awal kegiatannya yaitu mengajak masyarakat untuk menyalurkan donasi baik itu berupa air mineral maupun uang tunai. Ajakan ini berupa poster yang didalamnya dilengkapi dengan harga air mineral, batas pengumpulan, dan juga nomor rekening untuk mentransfer donasi berupa uang.



Adapun total donasi yang terkumpul, yaitu :
  • Uang Tunai sebesar: Rp 4.785.000,00
  • Total Le Mineral yang dibagikan : 115 dus
  • Total Masjid : 31
  • Total :
            1. Masjid : 31
            2. Mushola/Langgar : 20
            3. Pesantren : 3

Berikut ini adalah beberapa hasil dokumentasi : 

BHAKTI RAMADHAN II





Tidak lupa pula, ucapan terima kasih dari PMR SMANSATASE kepada para donatur yang telah bersedia memberikan donasi dalam kegiatan BHAKTI RAMADHAN II🤗🙏


Selanjutnya adalah kegiatan Buka Bersama (BUKBER).
Kegiatan Buka Bersama ini dilaksanakan pada tanggal 26 April 2022 dengan beberapa anggota PMR SMANSATASE. Bukber dilaksanakan pukul 17.00 di Ruang Pertemuan Lantai 2 SMAN 1 Tanjung Selor. 



Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu doa bersama, sambutan-sambutan, ngobrol-ngobrol santuy, berbuka, sholat magrib berjamaah, makan besar, berish-bersih dan pulang.
 Untuk menu makan besarnya yaitu ayam crispy (wahh jadi laper)😩, serta adapun jajanan atau makanan pendampingnya yaitu risoles, klepon atau pie, arem-arem, puding coklat, semangka dan minumannya adalah air mineral dan sirup marjan.






Nahh begitulah kegiatan yang diselenggarakan PMR SMANSATASE saat bulan ramdhan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk bersedekah dengan berdonasi seikhlasnya dan meningkatkan hubungan silahturahmi antar sesama☺️

Sepertinya blog kali ini harus berakhir sampai disini ya ges ya👍
Semoga sobat remud seneng yaa baca blognyaaa🤗❤️dan jangan lupa untuk selalu pantengin blog PMR SMANSATSE👀 Ohh iyaa pantengin juga sosial media PMR SMANSATASE yaaa, biar sobat remud tau nih keseruan apa aja sih yang dilakuin PMR SMANSATASE, biar gak kudet HAHAHA😁

Instagram : @pmrsmansatase
Facebook : Pmr Smansatase
Twitter : pmrsmansatase
YouTube : PMR SMANSATASE

Sebagai penutup
Kami segenap keluarga PMR SMANSATASE mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Minal Aidin Wal Faizin
Mohon Maaf Lahir dan Batin😇🙏












Sabtu, 26 Maret 2022

BAKTI SOSIAL PMRSMANSATSE DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PUTRA TANJUNG SELOR 2022

 Haii Hallo Sobat Remud👋👋👋

Waduhh udah lama nih kita gak ketemu hehehe.....kalian pada kangen gak nih sama blog pmrsmansatse?🤔

Sudah dipastikan kalian kangen, valid no debat hahaha. Ehh by the way gimana nih kabar sobat remud semua? semoga selalu baik dan sehat yaaa🤗❤️

Okee sesuai judul blog, kali ini mimin akan menceritakan kepada sobat remud serunya kegiatan Bakti Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Putra Tanjung Selor. Pada penasaran kan pastii? hayoo ngakuu😆....biar penasarannya terbayarkan, bacanya jangan diskip-skip yaa...awas loh kalau diskip!!!😤


Hari Jum'at, 25 Maret 2022 PMR SMANSATASE menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Putra Tanjung Selor.  Dalam kegiatan bakti sosial ini, PMR SMANSATSE juga bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah PMI Bulungan untuk melaksanakan kegiatan cek golongan darah🩸

Nahh sobat remud pasti udah pada tau nih, sebelum berjalannya suatu kegiatannya, pasti ada proses awal dulu dong.... okee kita bahas proses awalnya dulu yaaa🤩

1. Mendiskusikan rencana kegiatan, baik itu waktu, tanggal, hingga susunan acara/kegiatan.

2. Mengkonfirmasi rencana kegiatan tersebut kepada pembina PMRSMANSATASE.

3. Dikarenakan kegiatan ini PMRSMANSATASE bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah PMI Bulungan, maka perlu adanya diskusi mengenai kegiatan ini dengan pihak yang bersangkutan.

4. Apabila semua sudah disetujui, selanjutnya adalah membagikan poster Open Donation ke berbagai sosial media PMRSMANSATASE. Donasi ini dibuka mulai tanggal 14-21 Maret 2022.


5. Tahap terakhir adalah mengumpulkan donasi yang telah terkumpul, dan siap dibagikan ke Panti Asuhan Muhammadiyah Putra Tanjung Selor. Oh iyaa donasi ini dapat berupa uang tunai, sembako, maupun snack/makanan ringan.

Okeee sobat remud, sekarang waktunya kita masuk ke sesi dongeng+dokumentasi🤩

Ohh iyaaa hampir lupaa, kegiatan bakti sosial ini, PMR SMANSATASE mengangkat tema

  ✨  "Satu Langkah Kecil, Untuk Ribuan Hal Besar"✨


Awal-awal kegiatan, pastinya ada sambutan dong yaaa...nah sambutan kali ini dibawakan oleh Alya Putri Ardiansyah.

Setelah sambutan berakhir, dilanjutkan dengan kegiatan cek golongan darah oleh Unit Tranfusi Darah PMI Bulungan. 

Sembari menunggu hasil cek golonga darah, anak-anak panti diajak bermain berbagai permainan nih biar gak jenuh. Nah permainannya adalah tebak gambar, permainan sarung, dan permainan balon. Dalam permainan ini ada 2 kelompok, yaitu kelompok A dan B.

Permainan pertama yaitu tebak gambar, permainannya seperti ini; salah satu pengurus PMRSMANSATASE akan memberikan gambar sayuran kepada pemain dan para pemain harus menebak dengan benar dan tepat, apabila sudah tertebak, nantinya akan dijelaskan mengenai sayuran yang telah ditebak tadi🥬

Eitss tidak sampai disitu saja, setelah itu akan ada pertanyaan lagi dari salah satu pengurus PMR SMANSATSE mengenai sayuran yang telah dijelaskan tadi. Jika jawabannya benar, makan pemain yang berhasil menebak atau menjawab akan mendapatkan hadiah. 

Wihhh seruu jugaa yaaa, bermain + dapat ilmu dong ini namanya hahaha. Setelah itu dilanjutkan dengan permainan lain, yaitu permainan sarung dan permainan balon. Nah untuk permainan sarung, tidak hanya beranggotakan anak-anak panti, para pengurus PMRSMANSATSE juga boleh ikut dipermainan sarung ini. Waduhh tambah rame lagi nih hahaha🤣

Nahh tadi kan dikasih tau tuh, kalau permainannya ada hadiahnya, kegiatan selanjutnya yaitu pemberian hadiah. Hadiah ini diberikan kepada semua kelompok yang bermain, yaitu kelompok A dan kelompok B🏆






Sampai lah kita pada akhir acara atau akhir kegiatan. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian bingkisan dan penyerahan simbolis donasi sekaligus berpamitan🤗🙏


                                




Nahh ituu tadii kegiatan Bakti Sosial PMRSMANSATSE yang bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah PMI Bulungan di Panti Asuhan Muhammadiyah Putra Tanjung Selor. Okee seperti diblog biasanya, pasti ada penjelasan mengenai tujuan dari suatu kegiatan yang sedang berlangsung🧐

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi kepada sesama dan mempererat tali persaudaran atau tali silaturahmi🙏

Okee deh sobat remud, sepertinya cukup sekian blog kali iniii. Jangan lupaa untuk selalu pantengin blog PMRSMANSATSE yaaa, biar gak ketinggalan update terbaru kitaaa👀❤

Ohh iyaaa kalau kalian mau liat update terlengkap mengenai kegiatan PMRSMANSATSE, jangan lupa untuk follow sosial media PMRSMANSATSE yaaa🤗

Instagram : @pmrsmansatse
Twitter     : @pmrsmansatse
Fb            : Pmr Smansatase
YouTube  : PMR SMANSATASE

Sampai Jumpa di Blog Selanjutnya👐 Tetap jaga kesehatan yaa semuanyaa, patuhi protokol kesehatan😻❤️





LATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA PMR SMANSATASE 2022

 HAIII SOBAT REMUD Ketemu lagi nih kita, di blog keduaa, yeayyyyy🙌 daripada ngeliatin dia bersama yang lain, lebih baik liatin blog PMR SMA...