Kamis, 02 Mei 2019

TRAVELLING KM 18

TRAVELLING AIR TERJUN KM 18 
JUM'AT,02 MEI 2019

Kegiatan ini dilaksanakan pada  hari Rabu, tanggal 1 Mei 2019 oleh PMR SMA NEGERI 1 TANJUNG SELOR tidak lupa kami mengundang sekolah lain termasuk PMR SMA NEGERI 2 TG.SELOR yang ikut serta dalam kegiatan ini dan juga perwakilan dari eskul lain di SMANSATASE sebagai peninjau.
kegiatan ini bertujuan untuk melatih fisik anggota PMR karena dilakukan perjalanan masuk hutan kuranglebih 2km dengan jalanan yang licin, turun naik gunung, lika liku dan tidak sedikit juga anggota PMR yang terpeleset karena kondisi jalanan yang tidak memungkinkan. Belum lagi saat perjalanan pulang, jalanan bertambah becek karena hujan. Saat mau masuk hutan anggota PMR sudah di bagi bagi kelompoknya, mereka ada 6 kelompok dari PMR SMANSATASE dan 1 kelompok dari PMR SMA NEGERI 2 TG.SELOR yang tiap kelompok anggotanya ada 4 orang atau lebih, dan saat perjalanan masuk hutan mereka akan bertemu kakak-kakak PMR yang lainnya tiap posko kemudian mereka akan ditanya atau disuruh praktek sesuai materi tiap posko.





Jadi ini foto saat persiapan dan pengumpulan anggota yang ikut travelling yang dilakukan pada pukul 07.00 - 07.30 WITA disini juga diberi arahan kepada anggota PMR agar dapat menjaga fisiknya.

  


Perjalanan yang ditempuh cukup jauh, kami berangkat dari SMANSATASE menuju km 18 dari pukul 07.30-08.00 WITA ini foto saat sudah sampai dilokasi dan menuju masuk hutan sesuai kelompok. Jadi yang pertama masuk kedalam hutan yaitu para kakak kakak PMR dan KSR yang lebih dahulu menempati poskonya masing masing dan menyiapkan game,alat pp, atau bentuk pertanyaan yang mereka butuhkan.



Dimulai dengan posko 1 materi gerakan kepalangmerahan disini pertanyaannya ditaruh di kertas dan dibuat seperti bendera dan digulung mengelilingi lidi. Perjalanan menuju posko ini cukup jauh loh karena jalanannya turun dan pinggir jalanan itu sudah jurang jadi harus hati-hati yaa


Lanjut lagi ke posko 2 materi siaga bencana, perjalanan dari posko 1 menuju posko 2 tidak terlalu jauh namun saat sudah menuju posko 2 jalanan sudah naik gunung lagi.


Kemudian lanjut ke posko 3 materi donor darah, perjalanan menuju posko 3 ini juga masih seperti mendaki gunung dan jalanan disini sudah mulai becek, tetap hati-hati okei 


Posko 4 yaitu materi RSPS (Remaja Sehat Peduli Sesama) disini juga jalanannya masih tanjakan dan licin, disini akan ditanyakan tentang bagaimana cara cuci tangan dengan baik dan benar kemudian ditanya juga tentang bagaimana cara menjaga kesehatan.


Sampai diposko 5 materi PP (Pertolongan Pertama) sekaligus posko istirahat dan kesehatan karena disini tempat obat-obatan p3k. Disini akan disuruh praktek tentang pp, misalnya pembidaian, cara menangani fraktur, pendarahan dan pengangkutan menggunakan tandu. Mereka akan dikasih kasus dan ditanyakan bagaimana cara menanganinya kemudian di praktekkan, tetapi sebelum itu mereka disuruh untuk istirahat dan minum air sebentar. Jika sudah menangani korban, mereka langsung dievaluasi oleh kakak KSR yang ada di posko 5 tersebut, tidak semua kasus yang diberikan dapat ditangani dengan baik dan benar. misalnya saat pengangkutan, mereka ada yang tidak kuat sehingga korban hampir jatuh dan diturunkan kembali, saat pendarahan korban tidak teratasi dan korban akhirnya di anggap meninggal dunia, biasanya itu karena waktunya sudah lewat dan korban belum juga selesai di tangani maka itu korban sudah di anggap meninggal dunia, makanya di evaluasi bagian mana yang salah dan harus di perbaiki. Untuk perjalanan di posko 5 sudah datar dan jalanan juga tidak becek dan licin.


Kemudian menuju ke posko 6 materi kesja/ perawatan keluarga nah jalanan menuju posko 6 itu sudah turun gunung dan becek lagi. Jadi, hati-hati yaa.  Disini mereka akan ditanyakan mengenai materi kesja (kesehatan remaja) yaitu tentang narkoba, HIV/AIDS, dan pubertas. Misalnya, apa itu HIV/AIDS, macam-macam narkoba, ciri-ciri pengguna narkoba, dan HIV/AIDS itu menular dengan cara apa saja, tidak lupa dengan arti dari ABCDE


Lanjut deh ke posko 7 yaitu materi kepemimpinan, disini bedanya penjaga posko 7 tidak memberikan pertanyaan melainkan memberikan mereka game yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan rasa saling percaya terhadap anggota kelompok satu sama lain dan kepada pemimpin mereka, tidak lupa kerja sama antar kelompok juga.

yeee sampe ke posko terakhir yaitu posko evaluasi, disini masing masing kelompok akan di tanyakan tentang materi apa saja dan pertanyaan apa saja yang sudah mereka dapat dari posko-posko sebelumnya. Di posko evaluasi ini mereka juga tetap dikasih pertanyaan tentang materi materi dari tiap-tiap posko yang kakak kakak PMR nya tidak berikan kepada mereka saat berada diposko. Bedanya posko evaluasi dengan posko lain adalah disini yang jaga adalah kakak KSR dan Bapak yang sudah terlatih tentang PMR dan kesehatan. Perjalanan dari posko 7 ke posko evaluasi jalanannya turun lagi, dan ini sangat becek tapii letak posko evaluasi ini sudah di air terjun.


Ini belum finish loh masih harus lanjut jalan lagiii
jadi lanjut jalan lagi menuju tempat air terjun yang tinggi dan jalanan menuju kesana sangat menantang karena pinggirnya sungai dan jalanannya naik gunung lagi, becek dan licin jadi harus tetap hati hati disini karena disana kita akan makan siang, main air dan berenang buat yang bisa berenang, outbound, operasi semut dan poto poto deh


Sampai dilokasi terakhir sekitar pukul 12.00 WITA dan semua kegiatan selesai sekitar pukul 14.00 WITA kemudian dilanjut dengan perjalanan pulang, yaa pulangnya lewat jalanan yang tadi tapi bedanya disini sudah tidak lewat posko evaluasi lagi. Karena dari lokasi terakhir langsung naik ke atas yang jalanannya sangat mendaki gunung kemudian tembus di posko 7 dan lanjut jalan sampe ke tempat awal kumpul pertama. Cape, haus, kaki sakit, tapi itulah perjuangan dari mengikuti travelling.
kemudian sayonara dari pukul 14.30 - 16.00 WITA perjalanan pulang dari air terjun km 18 menuju SMANSATASE dan yeee selesaiii




Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada PMR SMA NEGERI 2 TG.SELOR yang sudah ikut serta dalam kegiatan yang kami adakan ini, semoga kegiatan selanjutnya bisa join lagi yaa
untuk peninjau dari eskul lain yang ada di SMANSATASE juga terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk ikut serta dalam kegiatan yang telah kami lakukan.
Sampai jumpa dikegiatan selanjutnyaaa

Jangan lupa di cek instagramnya @pmrsmansatase sekian dan terimakasih

1 komentar:

KEMAH KEAKRABAN DI KM 16

Jalan-jalan ke kota Padang 🚗 Pergi ke pasar membeli buah rambutan 😋  Halloo para sobat PMR tersayang 😘  Blog PMR hadir dengan penuh ceri...