Senin, 01 April 2019

MADING PMR RSPS

 MADING REMAJA SEHAT PEDULI SESAMA (RSPS)
SENIN,1 APRIL 2019


 GAYA HIDUP SEHAT 

  1.  Menjaga Pola Makan.                                                                                                                      selama kalian dapat mengontrol kualitas dan keragaman makanan yang kamu konsumsi, serta jumlah yang dimakan, maka akan meningkatkan kemungkinan tubuhmu akan terus sehat. Ingat! Makan makanan yang mengandung gizi seimbang mengandung karbohidrat atau hidrat arang, lemak, mineral, vitamin, dan air.
  2. Melakukan olahraga.                                                                                                                       Lakukan kegiatan olahraga secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu. Melakukan olahraga adalah hal yang memang penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
  3. Tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol.                                                           Memang benar bahwa seseorang tidak akan langsung mati atau sakit setelah menghisap sebatang rokok atau karena meneguk segelas minuman beralkohol. Tetapi dengan berjalannya waktu, kalian akan menjadi pecandu sehingga akan kamu temukan bahwa tubuhmu, teman-temanmu, keluargamu, dan orang-orang di sekitarmu akan menerima dampak negatif.
  4. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.                                                                                                                                    penggunaan kendaraan bermotor akan menghasilkan polusi dan pencemaran udara dan tentunya itu bukanlah hal yang sehat. Sehingga sebagai remaja yang peduli akan kesehatan kita sebaiknya mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan berjalan kaki atau bersepeda karena dengan berjalan kaki dan bersepeda sama saja sedang berolahraga.
  5. Menjaga kebersihan kamar mandi, tempat cuci dan toilet.                                                            Selain fasilitas umum yang ada, terkadang masyarakat sekitar pinggir sungai seringkali mempergunakan sungai sebagai fasilitas MCK bersama, padahal banyak orang yang menggunakan air sungai sebagai kebutuhan minum. Kebiasaan tersebut sangat tidak baik, karena dapat menyebabkan air sungai menjadi kotor dan tercemar. Selain itu, lingkungan tempat tinggalmu akan menjadi tidak sehat dan pada akhirnya beresiko menimbulkan bibit-bibit penyakit.
  6. Pembuangan sampah dan limbah keluarga.                                                                                Buanglah sampah pada tempatnya, galilah lubang untuk pembuangan dan penimbunan sampah di belakang rumah kalian. Sampah yang tercemar atau yang dibuang sembarangan, akan menjadi sarang sumber penyakit seperti lalat. Jadi buanglah sampah pada tempatnya dengan memisahkan sampah organic dan non-organik, dan lakukan penimbunan (jangan dibakar).
BERIKUT CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR 
  • Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun   kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.


  • Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  •  Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
    •  Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan jari tangan seperti ini
    •  Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
    • Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
    • Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. 

    Sumber:
    https://www.jayateknik.me/2017/11/materi-rsps-remaja-sehat-peduli-sesama.html
    https://www.sditmadani.sch.id/2014/01/7-langkah-cara-mencuci-tangan-yang.html


    Jika cara mencuci tangan yang baik dan benar tadi kurang jelas, bisa di cek di ig @pmrsmansatase karena disana ada videonya loh! penasaran? langsung di cek dan jangan lupa di follow juga yaa.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    KEMAH KEAKRABAN DI KM 16

    Jalan-jalan ke kota Padang 🚗 Pergi ke pasar membeli buah rambutan 😋  Halloo para sobat PMR tersayang 😘  Blog PMR hadir dengan penuh ceri...